Alat Hemat Listrik

Bagi anda yang sering mengeluh karena rekening listrik bulanan terus membengkak, sekarang ada cara paling efesien untuk menghemat listrik. Bukan dengan cara konvensional mematikan peralatan rumah tangga apalagi mencuri, melainkan dengan cara resmi dan disahkan pemerintah.

Beberapa produsen elektronika dalam negeri telah berhasil merakit sebuah alat khusus hemat listrik dengan harga sangat murah. Alat ini tinggal dicolokkan ke salah satu stopkontak, maka secara otomatis alat ini akan bekerja sendiri mengurangi beban listrik di rumah atau perusahaan anda. Sebut saja misalnya, alat hemat listrik merek Double Power buatan PT Fujitsu. Alat seharga Rp 200 ribu ini, bekerja dengan sistem meredam daya semu/induksi yang disebabkan oleh peralatan listrik yang tidak efisien dan tua dari sisi usia.

Teknologi ini mengacu pada kapasitor bank yang biasa digunakan pada pabrik dengan pemakaian daya listrik yang amat besar. Melalui penelitian bertahun-tahun akhirnya aplikasi ini dapat diterapkan untuk menghemat daya listrik di lingkungan pribadi (ruko/tempat usaha) anda. Alat ini menggunakan tekhnologi dari Jerman dan telah mendapatan lisensi dari Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT). Dengan alat ini, pemakaian listrik bisa dihemat antara 10-40 persen. Tawaran serupa juga diberikan oleh alat hemat listrik buatan PT Powerindo Listrik Utama. Alat ini justru dijual lebih murah seharga Rp 100 ribu. Fungsinya ada tiga, yakni, mereduksi (mengurangi) daya semu yang ada pada jaringan listrik, menyamakan watt yang dipakai alat-alat listrik menjadi watt sesungguhnya.

Perlu dicatat hampir semua peralatan listrik rumah tangga memakan watt dalam jumlah lebih besar dibandingkan yang tertera di atas label. Dengan alat ini, pemakaian watt ditekan sedemikian rupa sehingga persis sama dengan label. Selain itu, alat ini juga dilengkapi dengan teknologi soft start, yang berfungsi mengurangi tarikan awal daya listrik. Khususnya untuk peralatan yang menggunakan kumparan. Misalnya AC atau jet pump. Intinya, alat ini mampu bekerja dengan cara menurunkan jumlah arus (ampere) pada beban yang terpakai, dengan tegangan tetap (voltase) sehingga mengurangi daya yang harus dibayar.

Untuk menjamin kualitas peralatan ini, masing produsen menawarkan garansi rata-rata di atas satu tahun. Jika sebelum satu tahun, tagihan listrik anda tidak berubah, produsen berjanji menggantinya dengan alat baru. Janji ini juga disampaikan alat penghemat listrik berteknologi Itali dengan merek Multi Electric Saver. Masing-masing merek menyediakan tipe berbeda tergantung daya listrik yang digunakan. Mulai dari 900 Watt, 4400 Watt sampai 8800 Watt.

Digital Tang Ampere

Alat ini berfungsi mengukur arus atau tegangan listrik di rumah atau perusahaan. Alat ini juga bisa dipakai untuk memantau sekaligus melakukan ujicoba terhadap efesiensi kerja alat hemat listrik yang sekarang marak dijual dipasaran. Alat ini dilengkapi dengan panel Tang Ampere yang akan menunjukkan arus atau tegangan listrik yang sedang dipakai saat itu. Alat ini juga berfungsi sebagai pembanding ketika anda dirugikan atas pencatatan meteran listrik oleh petugas PLN.

Untuk mengaktifkan alat sangatlah mudah. Cukup dengan mengalungkan (klem) Tang Ampere pada salah satu kabel masa warna hitam yang terdapat di atas atau dibawah KWH meter (MCB) pembagi. Setelah itu lihat di panel Tang Ampere berapa jumlah arus yang terserap. Setelah itu pasangkan alat hemat listrik yang sudah anda beli di salah satu stof kontak kosong di rumah. Lihat dan bandingkan berapa selisih arus yang terserap sebelum dan sesudah alat hemat listrik dipasang. Jika arus yang terserap lebih kecil, berarti alat hemat listrik berfungsi maksimal, jika sama atau justru lebih besar, anda tinggal meminta ganti atau mengembalikan alat hemat listrik tersebut kepada distributor. Untuk mendapatkan alat merek Powerindo ini juga tidak perlu uang banyak. Harganya sekitar Rp 150 ribu. Sistem pembeliannya hampir sama dengan membeli alat hemat listrik.

0 komentar:

Posting Komentar